Tahap tahap pengerjaan bor pile mesin


Tahap pengerjaan bor pile mesin

Pondasi borpile merupakan  jenis pondasi dalam yang mempunyai fungsi yang sama dengan pondasi lainnya, yaitu untuk meneruskan beban bangunan di atasnya.

Pondasi bore pile pada dasarnya dapat dikerjakan secara manual (tenaga manusia) dan menggunakan penggerak mesin diesel, yang biasanya di sebut bore pile mini crane. Sesuai namnya bor pile ini menggunakan crane mini dengan tinggi 9 m dengan lebar sasis bawah 2,90 m x 2,10 m.

ihy
Gb. bore pile minicrane

#Tahap-tahap pengerjaan bore pile minicrane 
  1. Setting alat
Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai pengeboran  yaitu mensetting alat. Alat minicrane itu berupa mesin diesel yang berfungsi sebagai penggeraknya dan crane mini serta pendukung lainnya.
setting alat bor pile






  2. Pengeboran
Pengeboran dengan menggunakan alat ini dapat dikerjakan dengan 2 cara yaitu sistem bor kering/dry drilling dan sistem bor basah/wah borring. 
  • Bor pile kering
Sistem pengeboran ini menggunakan mata bor spiral. Yang kemudian mata bor nya ditancapkan di tanah yang sudah di tandain, abis itu stang bor diputar menggunakan gear box. Selama proses pengeboran tanah di angkat dengan interval 50 cm, sampai kedalaman yang sudah ditentukan. Pengeboran dengan sistem ini hanya mampu mencapai kedalaman +/- 6m dengan syrat belum ketemu sumber air.
bored pile kering maja, tangerang
  • Bor pile basah
 Pengeboran ini dikatakan bor basah karena dalam proses pengeborannya menggunakan sirkulasi air. Tanah di bor menggunakan mata bor cross bit yang memiliki kecepatan putar 375 rpm dan tekanan +/- 200 kg. jika tanah mudah runtuh dapat diberi kasing terlebih dahulu untuk menghindari kelongsoran dinding hasil dari pengeboran. Pengikisan tanah dibantu dengan tembakan air lewat stang bor menggunakan pompa NS-80, sehingga tanah yang teerkikis menjadi lumpur dan terdorong keluar dari lubang. Setelah mencapai kedalaman sesuai rencana , pengeboran dihentikan, sementara mata bor dibiarkan berputar , tetapi beban penekana dihentikan sementara air sirkulasi dibiarkan terus mengalir sampai serpihan tanah keluar dari lubang seluruhnya. Selama pembersihan berlangsung, besi tulangan dan pipa tremi sudah disiapkandi dekat lubang bor. Setelah cukup bersih, stang bor diangkat dari lubang bor.Dengan bersihnya lubang bor, pengecoran akan mendapatkan hasil yang baik.
bor pile basah sawangan depok
   3. Pembesian daan Pengecoran 
Setelah selesai pengeboran, selanjutnya masukkan besi tulangan yang sudah diinstal tadi dengan tegak lurus ke dalam lubang yang sudah di bor dengan hati hati agar tidak bersinggungan dengan dinding tanah di dalam lubang. Setelah besi dimasukkan, selanjutnya masukkan pipa tremi beserta corongnya. Setelah pipa tremi di pasang selanjutnya dilakukan pengecoran site mix (adukan molen) dengan perbandingan 1:2:3. Pengecordilakukan dengan cara menuangkan adukan cor ke dalam pipa tremi melewati corong. Pada waktu pengecoran pipa tremi diangkat dengan perlahan untuk menjaga pipa tremi agar tidak tertanam di dalam adukan cor. hal ini dilakukan sampai adukan terisi penuh.


pengecoran borpile kapuk
pembesian borpile kelapa gading
Itulah penjelasan mengenai tahap pengerjaan pondasi bor pile alat minicrane, terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Pondasi Bored Pile

metode wash boring (bor basah) dan dry boring (bor kering) Gambar borpile alat mini crane Pondasi bore pile merupakan jenis pondasi ...